Home



Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG)

Sumber daya manusia (SDM) merupakan aspek penting dalam suatu sistem organisasi, termasuk organisasi pemerintahan daerah.Bahkan dapat dikatakan bahwa aspek SDM menjadi faktor penentu bagi keberhasilan pelaksanaan pembangunan daerah, terlebih pada era otonomi daerah saat ini. Sebagaimana yang diatur dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 yang kemudian disempurnakan dalam Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004, pada era otonomi saat ini pemerintah daerah (dalam hal ini adalah pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota) memiliki kewenangan yang lebih luas dalam merencanakan dan mengelola pembangunan di wilayah administrasi yang menjadi kewenangannya.

Agar berbagai aspek manajemen PNS tersebut dapat dikelola dan dilaksanakan dengan baik/optimal, maka diperlukan proses pengelolaan data pegawai yang terintegrasi, efektif dan efisien. Apalagi dengan memperhatikan bahwa proses pengelolaan tersebut mencakup personil PNS dalam jumlah yang banyak (walaupun dalam lingkup kabupaten), dan bahkan terdapat indikasi bahwa jumlah PNS di tingkat kabupaten/kota justru semakin meningkat pasca berlakunya otonomi daerah.

Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian atau SIMPEG merupakan urat nadi bagi pengembangan sumber daya manusia dalam suatu organisasi modern. SIMPEG yang secara umum dipahami sebagai sistem informasi manajemen kepegawaian meliputi baik perangkat keras, perangkat lunak, piranti jejaring komputer, dan prosedur operasinya yang tentu erat kaitannya dengan regulasi atau kebijakan pemerintah tentang manajemen SDM di lingkungannya. Akhirnya semoga Sistem ini berguna sebagai media pengolahan informasi pegawai sehingga dapat mencapai sasarannya kepegawaian pada Badan Kepegawaian Dan Diklat Kabupaten Karawang.

Login disini Cari Data





.:Badan Kepegawaian dan Diklat Kab. Karawang | Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 1 | Telp. (0267) 429889 | Karawang 41315 | bkd.karawangkab.go.id:.